Hikmah Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam

Ramadhan bagi umat Islam bukanlah bulan sembarangan. Dia berbeda dari bulan-bulan lainnya karena bulan suci ramadhan memiliki hikmah keutamaandan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan selain ramadhan. Tidak jarang kita jumpai masyarakat begitu gembira menyambut kedatangannya, tentunya dengan alasan yang beragam. Dari alasan keimanan hingga alasan ekonomi. Apa pun itu semoga selalu menambah keberkahan.
Hikmah dan Keutamaan Bulan Suci Ramadhan dan dalilnya
Namun, ada juga yang acuh tak acuh tehadap bulan suci ini. Tentunya ini juga dikarenakan beragam alasan. Tetapi kebanyakan dikarenakan oleh ketidaktahuan dari orang tersebut. Nah, di sini akan kita bahas beberapa keutamaan dan keistimewaan dari bulan suci Ramadhan ini.
Cari juga : Fadhilat - Fadhilah dan Keutamaan Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah hikmah keutamaan dan keistimewaan dari bulan Suci Ramadhan dan Dalilnya

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur’an
Allah Ta’ala berfirman,
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185).

Fadhilah dan Hikmah Bulan Suci Ramadhan 10 Hari
Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari no. 3277 dan Muslim no. 1079).
Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan
Allah Ta’ala berfirman,
”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3).
Dan Allah Ta’ala juga berfirman,
”Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3). Yang dimaksud malam yang diberkahi di sini adalah malam lailatul qadr (Tafsir Ath Thobari, 21: 6).

Kekhususan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan Beserta Haditsnya
Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya do’a
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar. Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (10: 149) mengatakan bahwa perowinya tsiqoh (terpercaya). (Lihat Jaami’ul Ahadits, 9: 224).

0 Response to "Hikmah Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Islam"

Post a Comment

Silahkan Komentar!

histats